Rabu, 29 Juni 2011

Boyband & Girlband Baru Membanjiri Indonesia


Kalau ngomong soal K-pop, kayaknya identik banget sama yang namanya boyband atau girlband. Keunikan boyband dan girlband di Korea juga udah nggak perlu dipertanyakan lagi. Perpaduan antara dance yang energik dan suara yang bagus nggak hanya bikin boyband dan girlband Korea terkenal di Asia aja, tapi kepopuleran mereka juga udah mulai merambat ke Eropa sana. Jelas hal ini bisa jadi salah satu inspirasi buat anak-anak muda buat menghasilkan sebuah prestasi yang luar biasa sama halnya seperti yang dilakukan sama member-member boyband dan girlband Korea sana. Dan kayaknya, hal ini jadi sumber inspirasi buat remaja-remaja di Indonesia. Buktinya aja, tiap saya nonton TV atau browsing-browsing internet, selalu aja nemu beberapa boyband atau girlband baru di Indonesia.
Setelah kemarin-kemarin SM*SH dan 7 Icons berhasil membuat suatu gebrakan baru di industri musik Indonesia 
walau pun sempat dicaci maki habis-habisan sama pencinta musik Korea karena dituduh plagiat
, sekarang kayaknya makin banyak boyband dan girlband baru di Indonesia yang mulai bermunculan. Dan mereka memang nggak menyangkal kalau sumber inspirasi mereka datang dari boyband dan girlband Korea sana. Seperti boyband baru bernama S9B atau yang biasa disebut Super 9 Boyz yang sering disebut-sebut sebagai Super Junior-nya Indonesia atau girlband baru juga yang bernama CherryBelle yang disebut-sebut sebagai SNSD-nya Indonesia.
Kalau boleh jujur sih ya, saya sebagai pencinta musik Korea juga, saya sebenarnya nggak keberatan dengan kehadiran mereka. Menurut saya sih nggak jadi masalah mereka menjadikan SNSD atau Super Junior sebagai sumber inspirasi mereka. Lagian wajar aja kan? SNSD dan Super Junior itu kepopuleran mereka luar biasa hebat disana. Siapa coba yang nggak mau jadi sepopuler SNSD dan Super Junior? Tapi, alangkah baiknya sih boyband dan girlband Indonesia seharusnya sih dilatih terlebih dahulu sebelum mereka debut sebagai artis. Karena menurut saya, masih banyak hal yang perlu diperbaiki dari boyband dan girlband Indonesia. Mulai dari cara mereka nge-dance, dari segi suara, dan style mereka.
Waktu SM*SH dan 7 Icons baru muncul aja, saya sempat kaget dan nggak suka sama mereka. Mereka muncul begitu aja, seperti jelangkung yang nggak diundang. Rasanya tuh suka aneh aja tiap lihat sesuatu yang kecil tiba-tiba bisa jadi gede. Bayangin aja ya, member-member boyband dan girlband di Korea sana, sebelum mereka jadi artis, mereka dilatih dulu oleh perusahaan agensi yang merekrut mereka selama beberapa tahun. Mereka dilatih mulai dari umur mereka yang masih belia (sekitar umur 12-17 tahun), diseleksi dengan ketat, dan diajarin bagaimana seharusnya attitude seorang idol didepan publik untuk menjaga nama baik perusahaan agensi mereka. Jadi tuh mereka nggak asal langsung jadi artis. Harus melewati waktu bertahun-tahun kemudian baru debut jadi artis. Kebayangkan gimana perjuangan keras mereka? Rasanya wajar kalau boyband seperti Super Junior, Big Bang, 2PM, SHINee, DBSK atau girlband seperti SNSD, Wonder Girls, Brown Eyed Girls, f(x) bisa mendapatkan popularitas yang luar biasa sampai ke mancanegara karena emang popularitas yang mereka dapat sesuai dengan kerasnya latihan yang mereka dapatkan sebelum debut.
Ya, kalau soal boyband atau girlband Indonesia yang juga menginginkan popularitas sampai ke luar negeri seperti apa yang dialami boyband dan girlband Korea kayaknya masih begitu saya ragukan. Soalnya kebanyakan boyband dan girlband di Indonesia masih boyband dan girlband asal jadi. Nggak ada persiapan sama sekali. Dengan modal ngaku bisa ngedance dan nyanyi, langsung ditarik jadi personil boyband atau girlband. Nah, makanya bagi manajemen-manajemen di Indonesia yang ingin membuat boyband atau girlband, mereka harus benar-benar selektif dalam memilih calon artis, kemudian dilatih beberapa tahun, baru deh debut.
Saya yakin, remaja-remajanya Indonesia pasti punya potensi-potensi yang besar seperti remaja-remaja Korea jika potensinya dilatih dan dikembangkan terus-menerus. Hidup boyband dan girlband Indonesia! Yeah! :mrgreen:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com